Langkah Mudah Mengangkat Komponen SMD Dengan Solder Uap

Anda mungkin masih kesulitan tentang bagaimana cara melepas komponen SMD. Padahal, anda bisa melakukannya dengan solder. Tapi anda pasti masih kebingungan kan bagaimana cara mencabut komponen dengan mudah.

Agar bisa menggunakannya dengan mudah, anda bisa mengangkat komponen kecil dengan solder uap. Berikut langkah-langkah dalam mengangkat komponen dengan solder, antara lain:

Tips Mudah Melepas SMD Dengan Solder

Begini tips-tips agar komponen SMD dapat mudah dilepas secara mudah dengan solder blower:

  • Siapkan alat-alatnya seperti sebuah pinset, blower, solder dan yang terpenting adalah pasta atau flux. Flux berfungsi menyerap panas pada IC agar tidak cepat rusak.
  • Siapkan board untuk mempermudah memindahkan komponen pelepasan dengan sistem penyolderan.

Langkah pertama setelah siapkan alat-alat adalah:

  • Atur temperatur suhu dan set tekanan udara pada blower.  Untuk menyolder komponen board, suhu tidak boleh diatur terlalu panas.  Jika terlalu panas, board akan gosong. Atur suhu kira kira 241 derajat celcius.
  • Kemudian oleskan flux pada sisi  IC. Arahkan ujung gagang blower. Lakukan proses penyolderan dan pemanasan kiri dan kanan. Usahakan jangan terlalu panas. Lakukan sambil digoyangkan sedikit.
  • Lalu usahakan posisi IC langsung dilepas dengan pinset dan letakkan komponen yang terlepas di atas silet, cutter atau lempengan besi.
  • Setelah komponen dilepas dan diletakkan di tempat yang aman. Board komponen pasti meninggalkan sisa-sisa timah. Anda bisa membersihkan sisa timah yang ada pada bagian.
  • Lakukan pembersihkan sebagus mungkin dan bersihkan lagi dengan tinner. Setelah komponen dilepas, bersihkan lagi hingga anda bisa memasangnya lagi dengan komponen lain.
  • Untuk melepaskan kembali, lalukan seperti hal yang pertama. Oleskan flux pada komponen.
  • Lakukan penyolderan dengan blower pada sisi kiri dan kanan board. Lalu, lakukan pencabutan dengan pinset sembari menyolder bagian timah.

Nah, mudah bukan melepas komponen SMD dengan solder blower? Asal alat-alat yang anda gunakan lengkap, anda bisa mempraktekkannya sesuai dengan contoh di atas. Berani mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *