Solder Uap Digital atau Analog, Pilih Mana?

Solder uap atau blower merupakan salah satu peralatan service ponsel yang sering digunakan untuk memperbaiki kerusakan atau masalah yang terjadi pada ponsel. Seperti produk elektronik lainnya, ponsel juga mudah mengalami kerusakan atau masalah pada mesinnya sehingga harus segera diperbaiki agar kerusakan tidak semakin parah.

Bagi kamu yang ingin memperbaiki ponsel, pastikan terlebih dahulu bahwa semua peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia, termasuk blower. Sebelumnya, kamu juga harus mengenal terlebih dahulu jenis-jenis blower agar nantinya tidak salah dalam memilih blower mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada.

Setiap jenis blower hot air memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus dipertimbangkan. Harga untuk setiap jenisnya juga berbeda-beda sehingga perlu diperhatikan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Dua solder uap yang paling sering kita jumpai adalah berjenis digital dan analog.

Blower Hot Air Analog

Pertama, kami akan membahas tentang blower hot air berjenis digital. Bagi kamu yang sudah sering menggunakan alat ini, pasti lebih familiar dengan jenis analog karena memang lebih dulu digunakan dalam service ponsel. Pada dasarnya, kegunaan dari blower ini sama dengan blower umum yang sering ditemukan.

Solder uap bisa disebut juga dengan blower manual karena kita harus melakukan pengaturan atau setting secara manual saat ingin menggunakannya. Pada alat ini, kamu akan menemukan beberapa bagian yang berguna untuk setting blower agar uap yang dikeluarkan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh jasa service.

Jika kamu menggunakan blower hot air analog, maka kamu harus memutar blower pada posisi yang diinginkan. Dengan begitu, angin dan panas yang dikeluarkan oleh blower sesuai dengan kebutuhan saat melakukan service ponsel. Sesuaikan posisi hingga mengeluarkan uap dan angin yang dibutuhkan.

Blower Hot Air Digital

Jenis blower kedua adalah blower hot air digital yang bisa dibilang merupakan blower lebih modern dibandingkan analog. Karena lebih modern, tentu ada beberapa fitur terbaru yang disematkan untuk memudahkan pengguna blower hot air, seperti bagian udara dan bagian uap yang bisa disesuaikan.

Jika kamu ingin melakukan setting, kamu harus mengaturnya dengan tombol Up atau Down pada setiap bagian yang tersedia, baik itu tekanan angin atau seberapa panas yang diinginkan. Jika kamu ingin menaikkan tekanan atau panas, maka tekan tombol up. Begitu juga sebaliknya, kamu bisa menekan Down.

Pada alat ini, kamu juga akan mendapatkan beberapa tampilan angka sebagai indikator tekanan angin dan panas yang dikeluarkan oleh solder uap. Dengan begitu, lebih mudah bagi kamu untuk menyesuaikan berapa tekanan angin dan panas yang dibutuhkan saat menggunakan blower untuk melakukan service ponsel Anda.

Pilih Blower yang Mana?

Setelah memahami kedua jenis blower hot air di atas, pasti kamu sudah mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada dasarnya, setiap jenis blower memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengangkat, memasang, mencetak hingga menyolder komponen ponsel yang umumnya berukuran sangat kecil.

Karena fungsinya sama, sebenarnya kamu bisa memilih salah satu atau bahkan menggunakan kedua jenis blower hot air ini. Tinggal bagaimana kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan menggunakan blower karena tentunya blower digital dirasa lebih mudah bagi para pemula.

Bagi kamu yang ingin membeli blower hot air, pastikan untuk mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu, baik kelebihan dan kekurangannya. Setelah itu, pilihlah toko penjual blower hot air terpercaya yang menjual produk berkualitas dan beraneka ragam sehingga kita bisa memilih solder uap sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *